Jenis Corporate Service Di Indonesia - Lionel Express

Jenis Corporate Service Di Indonesia – Perusahaan dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan komoditas yang dipromosikan kepada masyarakat, yaitu barang dan jasa. Perusahaan produk jelas menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Tapi bagaimana dengan Corporate Service? Apa saja contoh Corporate service?

Corporate service adalah usaha yang menjual berbagai jasa kepada masyarakat. Berbagai jenis layanan, keahlian dan soft skill dari para ahli menjadi produk utama penjualan di bisnis ini. Dapat juga dikatakan bahwa Corporate service adalah perusahaan yang menjual produk tidak berwujud kepada konsumen.

Hingga saat ini Corporate service masih tetap eksis di masyarakat, karena kebutuhan akan jasa terus bertambah setiap harinya. Setiap jasa yang dijual perusahaan bisa berbeda-beda, tergantung spesifikasi yang dikuasai dan kebutuhan masyarakat. Apa saja jenis Corporate service? Yuk cari tahu jawabannya dalam ulasan berikut.

Jenis Corporate Service Di Indonesia

Seperti halnya kebutuhan akan produk, masyarakat tidak akan pernah lepas dari kebutuhan akan jasa. Sederhananya, jasa  merupakan suatu bentuk layanan. Dalam ilmu ekonomi, jasa dapat disamakan dengan produk yang tidak berwujud, tetapi manfaatnya dapat dirasakan oleh konsumen. Ada juga yang mengartikan pelayanan sebagai kualitas pelayanan perusahaan kepada konsumen.

Jasa juga dapat diperjualbelikan, baik antara individu maupun Corporate service dengan konsumen. Namun, pembeli tidak dapat memiliki atau menyimpan keterampilan yang mereka beli. Konsumen hanya dapat merasakan manfaat dari layanan, atau menerima produk jadi dari pekerjaan yang dilakukan oleh penyedia layanan.

Beragamnya kebutuhan pelayanan di masyarakat menghadirkan kelompok Corporate service yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Berikut beberapa jenis Corporate service yang dapat dengan mudah Anda temukan di masyarakat. Langsung saja kita simak jenis-jenis Corporate service yang ada di Indonesia.

1. Corporate Service Keuangan

Uang memiliki peran penting atau mendasar dalam kehidupan kita. Sebagai alat tukar yang sah, dengan uang kita bisa berbelanja berbagai kebutuhan sehari-hari. Sayangnya, selain bermanfaat, uang juga menimbulkan banyak masalah di masyarakat. Seperti ada orang yang ingin menginvestasikan uangnya, menabung untuk membeli barang, atau sedang membutuhkan dana darurat dan sedang mencari dana pinjaman tercepat.

Beranjak dari permasalahan tersebut, berbagai Corporate service keuangan bermunculan di masyarakat sebagai solusinya. Perusahaan yang termasuk dalam kelompok ini antara lain pegadaian, jasa asuransi, dan bank konvensional.

2. Pegadaian

Lembaga keuangan ini berdiri sejak tahun 1901 dan masih beroperasi hingga saat ini. Pegadaian adalah lembaga yang menawarkan pinjaman uang kepada masyarakat umum dengan imbalan barang sebagai jaminan. Jika Anda ingin meminjam uang dari Pegadaian, Anda harus memiliki barang berharga yang diserahkan sebagai jaminan. Nantinya, uang akan diberikan sesuai dengan harga atau nilai benda tersebut.

Ada beberapa hal yang bisa Anda gadaikan, seperti STNK, perhiasan, sertifikat rumah, dan gadget. Sebagai catatan, jika Anda tidak mampu melunasi pinjaman, maka barang yang Anda gadaikan akan dilelang oleh lembaga ini. Secara otomatis, Anda akan kehilangan item untuk selamanya.

3. Perusahaan Asuransi

Selanjutnya adalah perusahaan asuransi. Perusahaan keuangan ini bergerak dalam memberikan layanan perlindungan kepada nasabahnya, seperti pertanggungan dana untuk kerugian usaha, kematian, dan kecelakaan. Dengan bantuan asuransi, Anda tidak perlu khawatir kehilangan dana yang ditanggung, karena perusahaan asuransi akan memberikan dana bantuan kepada Anda sebagai bentuk santunan.

Ambil contoh, Anda melakukan asuransi pada mobil kesayangan Anda. Suatu hari, mobil Anda mengalami kecelakaan atau dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Karena Anda telah mengasuransikan mobil, maka Anda bisa mengklaim asuransi untuk mendapatkan biaya perbaikan mobil yang mengalami kecelakaan. Jika mobil hilang, Anda bisa mendapatkan kendaraan baru dari perusahaan asuransi.

4. Bank Konvensional (Umum)

Corporate service keuangan ini sangat dekat dengan masyarakat, mulai dari generasi milenial hingga orang tua. Bank konvensional menawarkan berbagai produk yang berkaitan dengan jasa keuangan. Beberapa aktivitas keuangan yang dapat Anda lakukan di bank konvensional antara lain:

 

  • Buka rekening tabungan dan ATM seluler
  • Investasikan dalam deposito berjangka dengan bunga tinggi
  • Membayar tagihan seperti SPP, belanja online, dan cicilan
  • Meminjam modal pengembangan usaha

Indonesia memiliki banyak jenis bank umum swasta terbaik, misalnya BCA, BRI, BNI, Mandiri, Bank Mega, dan lain sebagainya. Adapun bank negara, Bank Indonesia, yang juga menjadi pusat pengaturan perekonomian negara. Setiap bank swasta menawarkan produk keuangan, fasilitas, dan suku bunga yang berbeda. Agar tidak salah memilih bank untuk menabung, sebaiknya lakukan sedikit riset dengan membaca semua syarat dan ketentuan yang berlaku dari calon bank pilihan.

5. Corporate Service Transportasi

Transportasi diperlukan untuk memudahkan seseorang berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Misalnya, Anda ingin pulang kerja ke rumah, atau orang lain yang ingin pergi dari rumah ke kampus untuk belajar. Tanpa bantuan alat transportasi, perjalanan bisa sangat melelahkan dan memakan waktu. Corporate service transportasi menawarkan berbagai layanan ride-hailing untuk masyarakat, mulai dari transportasi darat, udara dan laut.

6. Jasa Transportasi Darat

Bisakah Anda menyebutkan layanan transportasi darat? Sesuai dengan namanya, Corporate service ini menawarkan jasa angkutan umum di wilayah darat, baik untuk wilayah perkotaan maupun pedesaan. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan ojek online, bus, kereta api, angkot, dan taksi.

Setiap jasa transportasi darat memiliki tarif dan pelayanan yang berbeda-beda. Misalnya layanan ojek online yang bisa digunakan untuk layanan pesan antar paket dan makanan secara bersamaan. Kemudian jasa transportasi bus dan kereta api lebih banyak digunakan untuk melakukan perjalanan antar daerah. Sementara itu, layanan angkot dan taksi dapat digunakan untuk perjalanan dalam kota.

7. Jasa Transportasi Laut

Selain transportasi darat, ada juga jasa transportasi laut yang siap membantu Anda ketika ingin menyeberang ke pulau lain melalui laut atau perjalanan wisata. Contoh jasa transportasi laut seperti jasa perahu, kapal laut, kapal penyeberangan dan lain-lain. Dengan menggunakan jasa transportasi laut, Anda dapat dengan mudah melintasi pulau-pulau ke provinsi lain.

Jasa transportasi laut juga banyak digunakan masyarakat untuk berwisata karena tarifnya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan pesawat terbang. Untuk satu kali layanan penerbangan pulang pergi, Anda bisa dikenakan tiket senilai jutaan, tergantung jenis kursi penumpang yang dipilih yaitu VIP atau ekonomi.

Tiket kelas VIP pasti lebih mahal dari ekonomi. Agar budget Anda tidak terkuras habis untuk jalan-jalan ke luar negeri, Anda bisa mengakalinya dengan memesan tiket pesawat paling terjangkau.

8. Perusahaan Telekomunikasi

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak pernah lepas dari apa yang disebut dengan komunikasi. Hanya dengan komunikasi, kita dapat mengungkapkan pendapat, keinginan, atau pesan kepada orang lain. Untuk mempermudah komunikasi terutama dengan masyarakat yang berada jauh, kini hadir berbagai Corporate service komunikasi terbaik di tanah air.

Dengan bantuan perusahaan telekomunikasi di atas, kita dapat menelepon atau mengobrol dengan orang lain kapan saja di mana saja dengan mudah. Cukup beli paket pulsa atau kuota internet bulanan, Anda bisa menghubungi orang lain tanpa terhalang sekat ruang dan waktu. Saat ini hampir semua orang lebih memilih menggunakan komunikasi virtual dengan internet karena tarifnya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan telepon pesawat.

Komunikasi dengan telepon pesawat biasa diketahui sangat mahal dari segi tarif. Apalagi jika Anda sering melakukan panggilan ke tempat yang jauh atau ke luar negeri. Dengan hadirnya layanan telekomunikasi virtual, kini Anda bisa leluasa berkomunikasi dengan kerabat, teman, atau bahkan pacar yang tinggal di luar negeri tanpa khawatir dana membengkak.

Selain komunikasi langsung, ada juga komunikasi yang terjalin melalui pengiriman paket fisik ke alamat orang yang dituju. Kini semakin mudah bagi kita untuk mengirim paket ke berbagai alamat dengan praktis menggunakan jasa pos.