Tips Memilih Logistik Untuk Pengiriman Bisnismu - Lionel Express

Logistik adalah serangkaian kegiatan yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan keefektifan proses untuk memindahkan barang, jasa, energi, atau sumber daya lainnya dari titik asal ke titik tujuan.

Jasa logistik memiliki peran penting dalam operasional bisnis, termasuk dalam bisnis e-commerce. Dengan adanya layanan Logistik Untuk Bisnis ini bisa memudahkan bagi para penjual untuk menjangkau konsumen yang berada di seluruh wilayah Indonesia.

Logistik Untuk Bisnis

Supaya operasional bisnis online ini bisa berjalan dengan lancar, tentunya Anda harus pintar memilih perusahaan logistik, jadi tidak boleh sembarangan. Ada beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih mitra pengiriman. Nah, berikut tips memilih jasa pengiriman atau logistik yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pertimbangkan Jangkauan Perusahaan Logistik

Yang harus Anda pertimbangkan yaitu jangkauan perusahaan logistik yang akan Anda pilih. Jadi akan menguntungkan bagi Anda dan konsumen jika semakin luas jangkauannya. Karena Anda bisa menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

Dengan begitu, konsumen tidak akan kesulitan menggunakan produk yang Anda jual. Selain jangkauan, Anda perlu mengidentifikasi bidang keahlian perusahaan logistik yang akan dipilih. Terdapat berbagai jenis penyedia logistik, mulai dari pergudangan, pengiriman, penerimaan, distribusi bahkan transportasi. Dengan mengenali bidang keahlian dalam layanan logistik, akan lebih mudah menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda.

Pertimbangkan Reputasi Perusahaan Logistik dan Layanannya

Tips kedua dalam memilih perusahaan logistik adalah dengan mempertimbangkan reputasinya. Untuk kelancaran bisnis Anda, pilihlah perusahaan logistik yang terpercaya dan memiliki track record yang positif. Jadi Anda juga perlu pertimbangkan klien yang sudah pernah bekerja sama dengan perusahaan logistik yang telah Anda pilih.

Juga, pertimbangkan layanan yang mereka tawarkan. Semakin lengkap layanan yang diberikan, maka akan semakin menguntungkan bagi para pelaku bisnis. Dalam hal ini, pertimbangkan juga layanan perusahaan logistik kepada kliennya. Maka dari itu, pilihlah perusahaan lain yang lebih kredibel dan kompeten.

Cari Tahu Kejelasan Tarif Pengiriman

Tak hanya jangkauan dan reputasi, tarif layanan logistik juga harus diperhatikan. Perusahaan logistik yang profesional dan kredibel harus memiliki tarif yang transparan. Umumnya tarif pengiriman dihitung berdasarkan volume, berat barang, atau jarak pengiriman barang. Setiap perusahaan memiliki kebijakan tersendiri mengenai tarif pengiriman. Untuk itu, pilihlah layanan logistik dengan tarif yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan bisnis Anda.

Ketepatan Waktu Dan Peraturan Perusahaan Yang Jelas

Terakhir, pertimbangkan ketepatan waktu dan peraturan perusahaan logistik yang akan Anda pilih. Hindari menggunakan jasa logistik yang pengirimannya tidak tepat waktu. Karena hal ini akan merugikan bisnis Anda karena banyaknya keluhan dari konsumen.

Baca Juga:   10 Tips Jitu Memilih Jasa Pengiriman Barang

Perusahaan Logistik

Logistik ini merupakan aspek penting yang ada di sebuah perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur dan barang lainnya. Perusahaan manufaktur biasanya akan memesan barang mentah dari perusahaan distribusi, dan perusahaan distribusi akan mengantarkan barang pesanan tersebut baik melalui jalur darat, laut maupun udara.

Barang-barang tersebut juga akan melewati berbagai titik transit hingga akhirnya dapat diturunkan dan disimpan di gudang atau tempat penyimpanan akhir untuk diolah menjadi barang jadi atau barang setengah jadi. Biasanya perusahaan memiliki divisi khusus yang mengurus urusan logistik. Bahkan ada perusahaan khusus yang bergerak di bidang logistik.

Peran dan Manfaat Logistik Bagi Perusahaan

Karena yang terkait erat dengan penyimpanan fisik dan juga suatu pengiriman barang, Logistik ini mempunyai peran penting di dunia perdagangan komoditas. Sistem logistik yang baik ini bisa memberikan berbagai manfaat misalnya seperti:

Memberikan Nilai Tambah

Setiap perusahaan harus terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas produk. Jadi hal ini dilakukan agar bisa mengalahkan kompetitor sehingga mampu menarik suatu konsumen yang loyal mengenai produknya.

Sistem logistik yang baik ini dapat memberikan suatu nilai tambah misalnya seperti produk yang telah tersedia bagi para pelanggan, stok bahan baku yang dapat terjaga sehingga produksi berjalan lancar.

Lebih Hemat

Dengan sistem logistik yang baik, hal ini tentunya akan meningkatkan efisiensi dalam menjalankan bisnis yang akan berdampak pada aspek lainnya.

Meningkatkan Keuntungan

Sistem logistik yang efisien ini adalah suatu aset yang berharga bagi para perusahaan. Melalui sistem logistik yang efektif tentunya ini bisa menekan biaya yang diperlukan oleh pengiriman barang.

Faktor ini dapat menarik pelanggan untuk lebih memilih menggunakan barang/jasa perusahaan Anda dibandingkan dengan pesaing yang akan berujung pada peningkatan keuntungan perusahaan.

Persyaratan Sistem Logistik Agar Berjalan Dengan Baik

Terdapat berbagai syarat yang perlu Anda penuhi supaya bisnis logistik berjalan dengan baik, yaitu meliputi layanan pengguna, detail, dan juga legalitas.

  • Karena logistik sangat bergantung pada waktu dan kecepatan pengiriman barang, perusahaan logistik ini harus bisa memberikan informasi terupdate dengan cepat pada pelanggan
  • Selanjutnya perhatian terhadap detail sangat penting bagi penyedia jasa logistik, terutama dalam perdagangan antar negara yang setiap prosesnya sangat rumit. Jadi sangat perlu untuk memperhatikan secara detail mengenai dokumentasi melalui pihak terkait.
  • Terakhir, legalitas. Perusahaan logistik harus beroperasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pelanggaran hukum, kriminalitas, dan sebagainya.