Tips Kiriman Ekpor Ke Luar Negeri Mudah Dan Praktis - Lionel Express

Tips Kiriman Ekpor Ke Luar Negeri Mudah Dan Praktis – Mengirim barang ke luar negeri atau kiriman ekpor di mata banyak orang masih terkesan rumit dan memiliki banyak persyaratan. Namun kenyataannya tidak seperti itu.

Ternyata sekarang ini banyak sekali pihak dan jasa pengiriman yang bisa membantu anda untuk mengirim barang ke luar negeri, nah salah satu jasa pengiriman yang bisa membantu anda untuk pengiriman barang atau export ke luar negeri adalah kelompok lionel.

Pengertian Ekspor Adalah

Apa yang dimaksud dengan ekspor? Dalam bidang ekonomi dan bisnis, pengertian ekspor adalah kegiatan perdagangan dimana barang dan jasa dalam negeri dijual dan dikirim ke luar negeri dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Pendapat lain mengatakan, pengertian ekspor adalah kegiatan ekonomi dimana terjadi proses penjualan dan pengiriman suatu produk (barang atau jasa) dari dalam negeri ke negara lain dalam jumlah besar.

Bagaimana Cara Kirim Barang Ke Luar Negeri?

Apa yang harus anda lakukan saat mengekspor barang ke luar negeri? Yuk ikuti prosedurnya sebagai berikut:

Siapkan Barang Yang Akan Anda Kirim Ke Luar Negeri

Cara mengirim barang, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menyiapkan barang apa yang akan kita kirim. Setelah anda memilih dan memilah mana yang akan anda kirim, anda bisa langsung menyiapkannya dalam bungkus dan kemas dengan rapi. Jangan lupa untuk mengemas paket anda dengan aman agar paket anda tidak rusak dan mempermudah proses pengiriman.

Pilih Layanan Ekspedisi Yang Anda Inginkan

Setelah mengetahui barang yang akan dikirim dan packing barang anda dengan rapi. Cara kirim barang, selanjutnya yang harus anda lakukan adalah memilih ekspedisi yang akan membantu pengiriman barang anda. Pastikan anda memilih ekspedisi yang terpercaya dan profesional untuk keamanan dan kepastian paket anda.

Hubungi Ekspedisi Yang Anda Pilih

Setelah memilih jasa ekspedisi yang sudah anda percayai, anda bisa langsung menghubungi ekspedisi terkait, untuk menanyakan apakah barang yang akan anda kirim bisa dikirim atau tidak. Nah, jika barang yang akan anda kirim tidak ada batasan pengiriman, anda bisa langsung konfirmasi dengan ekspedisi terkait untuk mengambil barangnya.

Kirim Atau Antar Paket Anda Ke Ekspedisi Terkait

Setelah barang anda siap dan anda sudah memilih ekspedisi mana yang akan anda gunakan dalam pengiriman anda, cara pengiriman barang selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengantarkan barang atau mengirimkan barang anda ke tempat ekspedisi yang telah anda pilih, drop barang ke ekspedisi tempat.

Mengisi Form Data Barang Yang Akan Dikirim

Saat melakukan pengiriman anda akan diminta untuk mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak ekspedisi. Biasanya formulir yang disediakan berisi alamat pengirim, alamat penerima, kontak penerima, detail barang yang akan dikirim, dan total nilai barang yang akan dikirim. Cara kirim barang ke luar negeri, kenapa harus diminta mengisi formulir, karena menghindari kesalahan dalam pengiriman.

Selain itu, dalam proses pengiriman barang ke luar negeri juga terdapat proses clearance dimana proses tersebut adalah pengecekan barang saat sampai di negara tujuan, dan pengecekan apakah barang pada formulir sesuai dengan yang ada di dalam paket atau tidak.

Untuk nilai barang yang diminta untuk diisi pada saat pengisian formulir, akan dilakukan perhitungan pada saat proses clearance di negara tujuan. Jadi untuk form pengisian barang mohon dilengkapi agar proses pengiriman tidak mengalami kendala dan lancar sampai ke alamat tujuan.

Membayar Barang Yang Akan Dikirim

Cara kirim barang ke luar negeri setelah mengisi form yang disyaratkan, selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan pembayaran. Pembayaran dilakukan setelah barang ditimbang dan diukur volumenya, setelah diketahui berapa kilo gram akan dihitung berapa biaya yang harus dikeluarkan. Anda bisa langsung membayar ongkos kirim paket anda, agar paket anda bisa segera diproses untuk diterbangkan ke negara tujuan.

Minta Nomor Resi Internasional / Air Way Bill

Cara kirim barang ke luar negeri untuk prosedur terakhir yaitu mohon minta nomor resi internasional atau yang lebih sering disebut air way bill atau awb. Apa gunanya awb? Awb berguna untuk melacak keberadaan paket anda, tidak hanya itu, awb juga berfungsi sebagai bukti bahwa anda telah melakukan pengiriman menggunakan ekspedisi, jika terjadi sesuatu pada barang yang anda kirim, anda dapat mengklaim barang anda.

Macam-Macam Komoditas Ekspor Indonesia

Padahal, komoditas ekspor indonesia sangat potensial. Tentunya setelah melihat tips mengekspor barang ke luar negeri, anda bisa langsung melakukan kegiatan ekspor. Lalu, apa saja komoditas ekspor indonesia?

Tekstil

Produk tekstil merupakan salah satu komoditas andalan yang dapat diekspor ke berbagai belahan dunia. Meski tidak sebanyak dari negara lain, nyatanya masih banyak negara peminat produk tekstil dari indonesia.

Produk Pertanian

Tahukah anda bahwa banyak komoditas pertanian dari indonesia juga telah diekspor ke luar negeri. Beberapa di antaranya adalah karet alam, kakao, kopi, teh, kelapa sawit, alga, rumput laut, tembakau, beras, merica, dan sarang burung walet.

Hasil Hutan

Tidak hanya tekstil dan produk pertanian. Namun, tahukah anda bahwa hasil hutan juga banyak diekspor ke luar negeri. Salah satunya adalah kayu. Kayu indonesia terkenal dengan kualitasnya sehingga banyak negara yang mau membeli komoditas hasil hutan ini.

Tujuan Ekspor Secara Umum

Pada dasarnya kegiatan ekspor didasarkan pada kesadaran bahwa tidak ada negara di dunia yang benar-benar dapat mandiri dan saling membutuhkan. Suatu negara mengekspor produksinya ke negara lain yang membutuhkan produk tertentu dan tidak dapat memenuhi kebutuhan barang tersebut. Berikut merupakan beberapa tujuan ekspor:

  • Untuk memperoleh keuntungan atau keuntungan berupa devisa.
  • Untuk mendapatkan harga jual yang lebih tinggi.
  • Menembus atau membuka pasar baru di negara lain.
  • Menciptakan iklim usaha dan perekonomian yang kondusif baik secara nasional maupun global.
  • Mengendalikan harga produk ekspor di dalam negeri.
  • Menjaga stabilitas nilai tukar mata uang asing terhadap mata uang domestik.

Namun ketika anda ingin mengekspor kiriman anda dengan mudah tanpa harus repot kesana kemari atau mengirim dalam waktu yang cepat dan aman, anda bisa memanfaatkan layanan Lionel Express. Dimana kami dapat memberikan pelayanan pengiriman terbaik melalui darat, laut atau udara yang aman dan terpercaya.

Kami juga memberikan beberapa fasilitas yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada pelanggan berupa packing service, yaitu layanan tambahan untuk pengiriman kemasan. Jangka waktu fasilitas pembayaran adalah pengurangan waktu pembayaran dari waktu yang telah ditentukan dengan kesepakatan dan ketentuan yang berlaku.

Fasilitas pick up service yaitu jasa antar dengan berat minimal 100 kg. Fasilitas web/mobile apps, yaitu semua informasi kami dapat diakses menggunakan perangkat seluler dari awal hingga tujuan, dan juga melacak paket realtime, tarif pengiriman, promo yang tersedia.