Mengetahui Ciri-Ciri Penipuan Kiriman Impor Barang - Lionel Express

Mengetahui Ciri-Ciri Penipuan Kiriman Impor Barang – Kabarnya, penipuan dengan modus pengiriman paket semakin banyak. Agar lebih waspada, mari simak ciri-ciri penipuan kiriman impor. Kali ini kami ingin membahas ciri-ciri penipuan paket serta cara melaporkannya. Ada tips menghadapi penipuan serta penjelasannya berikut ini.

Modus Penipuan Kiriman Impor

Apakah anda pernah menerima paket uang dari luar negeri? Atau tahukah anda bahwa ada hadiah yang dikirim dari kenalan/pacar atau bahkan kerabat? Jangan terburu-buru untuk percaya! Sekarang ini banyak modus penipuan pengiriman paket, terutama dari luar negeri. Mode ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun belakangan ini muncul kembali sejak pandemi dan bahkan hadir dengan model yang lebih variatif. Nah, yang terbaru dan terpopuler adalah mode pengiriman paket.

Dalam motif penipuan ini, biasanya ada 2 pelaku yang sudah memiliki pekerjaan masing-masing. Pelaku 1 adalah pihak yang mendekati calon korban. Pelaku 2 bertindak sebagai kurir. Pelaku 1 akan mendekati calon korban melalui media sosial seperti instagram dan facebook dengan motif kenalan. Tidak butuh waktu lama bagi pelaku 1 untuk mengakui bahwa dia ingin mengirim paket sebagai hadiah atau menawarkan produk melalui kurir palsu (pelaku 2).

Mereka juga menggunakan nomor resi palsu supaya dapat meyakinkan target. Setelah itu, pelaku akan berpura-pura terkendala masalah kepabeanan sehingga seolah-olah barang tersangkut dan mengharuskan target membayar bea masuk untuk menerima paket.

Pelaku akan mengirimkan nomor rekening palsu yang diakui sebagai nomor pembayaran pajak yang sebenarnya adalah rekeningnya sendiri. Setelah target percaya dan mengirimkan sejumlah uang yang diminta, pelaku menghilang tanpa meninggalkan jejak.

Ciri-Ciri Penipuan Impor Barang

Selain modus penipuan pengiriman dan sejumlah cirinya di atas, juga terjadi penipuan impor barang berkedok bea cukai. Ciri-ciri penipuan kiriman parsel dari luar negeri berkedok bea cukai dapat dilihat di bawah ini. Informasi wajib pajak disampaikan melalui telepon. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika anda menerima telepon yang meminta untuk membayar pajak atas kiriman paket, maka harap waspada.

Umumnya, petugas pajak tidak menggunakan panggilan telepon pribadi untuk memberikan informasi pajak impor yang terperinci. Sebaliknya, ditangani melalui loket kantor pos atau ems. Sedangkan pembayaran pajaknya sendiri tidak melalui rekening pribadi melainkan melalui perantara surat kuasa penerima barang. Yaitu pembayaran secara langsung atau melalui rekening jasa pengiriman yang bersangkutan.

Lokasi Bayar Pajak Di Luar Jangkauan Bea Cukai

Fitur selanjutnya dapat dilihat lokasi pembayaran pajak. Pembayaran pajak dan bea cukai hanya boleh dilakukan di 2 tempat, yaitu:

  • Kantor pos untuk pengiriman paket atau disebut ems.
  • Kantor pos persepsi / bank devisa persepsu khusus untuk paket yang dikirim oleh perusahaan jastip.

Jika anda diminta untuk melakukan pembayaran selain 2 tempat tersebut, maka bisa dipastikan itu adalah modus penipuan.

Pembayaran Tanpa Menggunakan Sspcp

Untuk membedakan pengiriman asli dan palsu, anda harus meminta lampiran pemberitahuan pabean impor. Biasanya untuk pengiriman legal, pembayaran dilakukan dengan menggunakan sspcp atau bea, cukai, dan setoran pajak impor.

Tidak Ada Surat Bukti Penindakan

Jika anda mendapatkan informasi bahwa paket tersebut ditahan karena alasan izin, anda harus meminta bukti tindakan. Ini adalah bukti sah bahwa kiriman anda memang bermasalah dan harus segera diurus.

Cara Melaporkan Penipuan Paket Impor

Bagaimana jika anda sudah menjadi korban penipuan? Cara terbaik adalah melaporkan kepada mereka yang dapat membantu. Meskipun tidak ada jaminan bahwa pelaku akan ditangkap, ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengambil kembali hak anda. Berikut adalah beberapa cara untuk melaporkan penipuan paket luar negeri atau impor:

Melapor Ke Situs Lapor.Go.Id

Ini adalah situs resmi kantor staf presiden yang dikelola kemenpanrb. Fungsinya sebagai layanan aspirasi sekaligus wadah pengaduan online bagi masyarakat. Untuk melaporkan kasus penipuan cyber, anda dapat mengajukan pengaduan dengan mengisi formulir di situs web dan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Kunjungi laman www.lapor.go.id.
  • Di bawah kategori pelaporan, klik keluhan.
  • Ketik judul laporan > tambahkan detail linimasa penipuan.
  • Masukkan tanggal dan lokasi kejadian.
  • Pilih dan klik agen tujuan laporan > pilih kategori laporan.
  • Unggah lampiran (jika ada). Ukuran file maksimum adalah 2 mb.
  • Pilih dan klik kategori pelapor > ketuk laporkan.
  • Masukkan data pribadi, kemudian klik poin syarat dan ketentuan.
  • Selesai! Pengiriman laporan berhasil

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, staf kepresidenan akan memverifikasi laporan dan menindaklanjuti kasus anda. Nah, tunggu saja sampai ada tanggapan dari lapor.go.id.

Memblokir Rekening Bank

Alternatif kedua adalah anda bisa memblokir rekening bank si penipu. Anda dapat melakukannya dengan menghubungi cs bank yang bersangkutan dan menginformasikan kepada mereka tentang tindakan penipuan yang anda alami. Pihak bank biasanya secara sukarela membantu sekaligus menindaklanjuti kasus penipuan yang anda alami. Apalagi jika memiliki bukti kuat ditambah jumlah laporan di rekening juga tidak sedikit.

Melalui Web Cekrekening

Cara yang satu ini lebih bersifat preventif. Artinya bisa dilakukan sebelum anda menjadi korban penipuan. Cekrekening adalah website milik kementerian komunikasi dan informatika yang menyediakan fitur untuk mengecek histori transaksi dalam sebuah akun. Sehingga dapat mendeteksi aktivitas yang mencurigakan. Jika anda mengalami salah satu indikasi modus penipuan seperti di atas, segera cek nomor rekening dengan langkah-langkah berikut:

  • Akses laman https://cekrekening.id/.
  • Pilih & klik nama bank > masukan nomor rekening.
  • Centang tombol re-captcha untuk memverifikasi permintaan cek.
  • Ketuk menu periksa akun.
  • Situs akan menampilkan berbagai informasi terkait aktivitas akun.

Lapor Melalui Situs Kredibel.Go.Id

Pilihan selanjutnya adalah anda bisa mengakses situs kredibel.go.id untuk mendeteksi potensi penipuan dari sebuah toko online. Situs ini terbilang cukup kompeten dengan jumlah laporan penipuan yang melebihi 140 ribu sekaligus memblokir sekitar 70 ribu nomor yang rekening bermasalah. Langkah-langkah pelaporan penipuan di website ini adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi halaman www.kredibel.co.id/report.
  • Masuk menggunakan akun facebook/google anda.
  • Klik jenis laporan > isi formulir.
  • Setelah selesai, klik kirim laporan.

Tips Mengatasi Penipuan Paket

Meski sangat sulit untuk dikenali, namun anda tetap bisa menghindari berbagai modus penipuan yang saat ini marak terjadi. Berikut beberapa tips aman saat menghadapi mode pengiriman paket yang terindikasi penipuan:

  • Jangan mudah percaya, pastikan dulu siapa pengirimnya dan bagaimana pergerakannya. Jika mencurigakan, jangan diabaikan.
  • Jangan terburu-buru melakukan tindakan seperti mentransfer uang karena takut akan ancaman kriminal. Sebaiknya anda langsung ke kantor terkait hal tersebut untuk memastikan.

Namun ketika anda ingin mengimport dengan mudah tanpa harus repot kesana kemari atau mengirim dalam waktu yang cepat dan aman, anda bisa memanfaatkan layanan Lionel Express. Dimana kami dapat memberikan pelayanan pengiriman terbaik melalui darat, laut atau udara yang aman dan terpercaya.

Kami juga memberikan beberapa fasilitas yang bertujuan untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada pelanggan berupa packing service, yaitu layanan tambahan untuk pengiriman kemasan. Jangka waktu fasilitas pembayaran adalah pengurangan waktu pembayaran dari waktu yang telah ditentukan dengan kesepakatan dan ketentuan yang berlaku.

Fasilitas pick up service yaitu jasa antar dengan berat minimal 100 kg. Fasilitas web/mobile apps, yaitu semua informasi kami dapat diakses menggunakan perangkat seluler dari awal hingga tujuan, dan juga melacak paket realtime, tarif pengiriman, promo yang tersedia.