Jenis dan Kelebihan Pengiriman Special Cargo - Lionel Express

Jenis dan Kelebihan Pengiriman Special Cargo- Semakin mendapat perhatian dari masyarakat, saat ini jasa pengiriman paket dan barang semakin banyak digunakan dalam berbagai jenis usaha. Salah satunya sebagai pelengkap bisnis online yang semakin diminati. Perlu Anda ketahui, meskipun pada dasarnya perusahaan pelayaran hadir sebagai pihak ketiga untuk membantu setiap orang agar bisa mengirim paket antar kota, provinsi atau bahkan antar pulau.

Namun jika digali lebih dalam, kami dapat melihat bahwa hingga saat ini banyak sekali jenis delivery yang bisa digunakan. Salah satunya adalah pengiriman cargo. Bagi Anda yang mendengar nama jasa cargo mungkin sudah tidak asing lagi. Hanya saja Anda tahu apa itu pengiriman cargo, jenis pengiriman, dan perbedaan antara pengiriman cargo dan ekspedisi? Membahas hal ini, kami yakin tidak semua pengguna jasa pengiriman mengetahuinya.

Oleh karena itu, melalui artikel terbaru ini, kami akan membagikan penjelasan rinci tentang apa itu pengiriman cargo serta berbagai penjelasan lengkap termasuk istilah-istilah yang sering digunakan dalam pengiriman jenis cargo dari beberapa perusahaan yang menyediakannya. Berikut Jenis dan Kelebihan Pengiriman Special Cargo.

Apa itu Jenis Pengiriman Cargo Kelebihan

Seperti yang kami ketahui bersama, hingga saat ini setidaknya sudah banyak perusahaan pelayaran yang siap memberikan bantuan untuk bisa mengantarkan paket dengan cepat dan aman.

Apa itu Pengiriman Cargo?

Secara garis besar, Cargo adalah sebuah paket besar yang umumnya akan dikirim ke alamat tujuan dengan jarak yang jauh baik antar kota, antar provinsi atau bahkan antar pulau dan antar negara. Dari penjelasan singkat diatas, jika anda bertanya apa itu cargo delivery? Sehingga dapat kami jelaskan bahwa cargo delivery adalah suatu proses pengiriman barang atau parsel berukuran besar ke suatu tempat yang memiliki jarak yang sedemikian jauh.

Cargo udara

Cargo udara merupakan salah satu jenis pelayaran yang digunakan oleh beberapa perusahaan pelayaran menggunakan pesawat terbang untuk mengirimkan paket dengan estimasi waktu yang sangat cepat jika dibandingkan dengan jalur darat dan laut. Biasanya pilihan cargo udara hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari kerja agar barang sampai.

Memang inilah keunggulan utama dari jasa pengiriman cargo udara. Namun dibalik kelebihan tersebut, ketika menggunakan jasa cargo udara membuat kiriman cepat sampai. kami harus membayar tarif tinggi atau biaya pengiriman.

Cargo Laut

Selain cargo udara, umumnya beberapa perusahaan pelayaran juga memiliki fasilitas melalui laut. Dalam penggunaannya, ini biasanya menjadi pilihan saat ingin melakukan pengiriman antar pulau. Hal ini dikarenakan pengiriman paket dalam jumlah banyak melalui jalur darat akan memakan waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu anda bisa memilih jasa jalur laut agar bisa maksimal atau sesuai dengan perkiraan waktu yang ditentukan oleh masing-masing perusahaan. Meski tidak secepat cargo udara, pengiriman melalui laut juga sering digunakan karena harga atau tarif pengiriman yang ditawarkan sedikit lebih murah dan terjangkau.

Cargo Darat

Dan jenis pengiriman cargo yang terakhir jika dilihat berdasarkan pengirimannya adalah cargo darat. Pengiriman ini biasanya diprioritaskan karena jarak antara alamat pengirim dan penerima cukup dekat. Umumnya pelayaran menggunakan jalur darat biasanya akan menggunakan jenis armada yang besar seperti peti kemas atau lainnya.

Dan biasanya penggunaan jalur darat juga hanya digunakan saat paket antar kota dan antar provinsi. Selain menggunakan kendaraan peti kemas, beberapa perusahaan pelayaran juga menyediakan armada jenis lain seperti truk, gerbong, kereta logistik. Urusan tarif atau biaya pengiriman cukup terjangkau.

Cargo Khusus

Untuk beberapa perusahaan pelayaran besar seperti Indah Logistic Cargo dan lain-lain. Selain memiliki fasilitas General Cargo, juga memiliki fasilitas lain yaitu Special Cargo. Sesuai dengan namanya, pengiriman ini membutuhkan penanganan khusus atau “special handling” dalam semua proses yang dilakukan oleh masing-masing perusahaan. Tujuan utamanya tidak lain adalah untuk menjaga keamanan.

Tidak hanya itu, proses penanganan khusus juga dilakukan agar paket tidak mengganggu atau bahkan merugikan kurir atau pengendara lain selama perjalanan. Jika digali lebih dalam, layanan cargo khusus itu sendiri terbagi lagi menjadi beberapa kategori. Apakah mereka?

Kelebihan special cargo

Dari sekian penjelasan singkat tentang apa itu cargo delivery dan juga jenis layanan yang tersedia. Tentu saja layanan cargo darat yang bagus , laut dan juga udara punya kelebihan masing-masing. Berikut adalah beberapa kelebihan-kelebihan itu.

Cargo Darat

Harga untuk Cargo darat lebih terjangkau dibanding cargo laut maupun  Cargo udara. Dan untuk Prosedur pengiriman cargo darat juga lebih mudah serta dilengkapi dan cepat. Jenis paket kiriman yang diangkut akan lebih beragam. Pengiriman barang sangat minim transit (pemberhentian) sehingga paket cepat sampai. Biaya packing cenderung lebih sedikit. Jadwal pengiriman cargo darat lebih fleksibel.

Cargo Laut

Harga lebih terjangkau jika dibandingkan cargo udara. Kapasitas paket atau barang lebih besar dan banyak. Dengan Area wilayah jangkauan yang lebih luas hingga sampai ke antar pulau yang di capai. Bahkan semua jenis paket barang kiriman dan ukuran yang bisa dikirim.

Cargo Udara

Untuk Area jangkauan lebih luar luas tidak hanya mencakup antar pulau namun hingga antar negara. Estimasi waktu pengiriman jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan dua jenis layanan pengiriman cargo darat maupun laut. Paket sudah bisa di pastikan aman, konsep just in time berlaku. Penekanan biaya operasional lebih baik.

Kekurangan

Walaupun memiliki banyak kelebihan seperti di atas yang sudah kami sampaikan. Namun layanan pengiriman cargo darat, laut dan udara pun juga memiliki beberapa kekurangan. Dan beberapa kekurangan lainnya antara lain seperti:

Cargo Darat

Area jangkauan tidak terlalu jauh dan luas, risiko kerusakan barang itu lebih tinggi. Estimasi waktu pengiriman cenderung lebih lama.

Cargo Laut

Dengan Estimasi waktu pengiriman yang jauh lebih lama di bandingkan pengiriman cargo darat. Keberuntungan kondisi alam tetap ada.

Cargo Udara

Jumlah paket kiriman atau volume barang terbatas serta Berat dan juga tonase pun juga di batasi. Selain itu juga Amat sangat sensitif terhadap keamanan di setiap perbatasan wilayah dan negara. Sedangkan untuk Ongkos kirim ini tergolong lebih mahal daripada dua pengiriman cargo di atas.

Istilah di Cargo

Jika sekarang kalian sudah tahu apa itu pengiriman cargo, jenis dan juga kelebihan serta kekurangannya. Mungkin dari cukup pembaca setiap infojek sudah ada yang pernah memanfaatkan layanan logistik cargo.

Jika demikian, tentunya kalian juga sudah tahu bahwa di dalam proses cargo ada beberapa istilah-istilah yang mungkin saja kalian belum ketahui. Untuk itu, berikut sudah infojek mempersiapkan tabel istilah dan penjelasan singkat mengenai apa saja istilah yang sering digunakan dalam pengiriman cargo darat, laut maupun udara.

Perbedaan Cargo dan Ekspedisi

Nah seperti itu kiranya penjelasan detail mengenai pengertian apa itu pengiriman cargo, jenis serta istilah dan kelebihan kekurangan pengiriman cargo. Sekarang yang jadi pertanyaan apa kiranya perbedaan cargo dan ekspedisi? Secara garis besar perbedaan dua layanan tersebut jauh karena hanya dari jenis barang kiriman.

Pengiriman Ekspedisi merupakan pengiriman paket dan barang dalam skala yang relatif kecil. Pengiriman Cargo merupakan pengiriman barang dalam skala besar. Penggunaan layanan pengiriman cargo akan lebih cenderung diterapkan pada para pelaku usaha skala besar.